Di dalam dunia usaha atau bisnis,
komunikasi merupakan unsur terpenting agar mencapai tujuan dalam usaha tersebut
dengan baik dan sesuai harapan. Seperti halnya seorang pemimpin perusahaan yang
memerintahkan ke mitra kerja ketika ia membutuhkan surat pengadaan barang,
pengajuan barang, atau hal yang lainnya. Itulah proses komunikasi bisnis yang
terjadi dalam dunia bisnis. Sederhananya, komunikasi bisnis merupakan suatu
bentuk komunikasi yang digunakan di dalam dunia bisnis baik dalam bentuk verbal
maupun dalam jenis non verbal. Dalam dunia bisnis, komunikasi bisnis memiliki
dua bentuk yang lazim yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam berkomunikasi.
Dua bentuk ini yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Berikut ini
penjelasannya:
A. Komunikasi Verbal
Diambil dari kata dasarnya yaitu
‘verbal’, komunikasi verbal ini menggunakan satu kata atau lebih. Dalam dunia
bisnis, bentuk komunikasi verbal ini digunakan baik secara tertulis maupun
secara lisan dengan struktur dan terorganisasi dengan baik dalam menyampaikan
pesan atau informasi kepada komunikan atau penerima pesan. Dalam dunia bisnis,
umumnya bentuk komunikasi verbal ini digunakan ketika sedang rapat, seminar,
atau yang lainnya yang berhubungan dengan operasional perusahaan.
B. Komunikasi Non-Verbal
Komunikasi non verbal ini merupakan
bentuk komunikasi yang berlangsung menggunakan bahasa tanda, simbol, dan tubuh.
Namun, simbol atau tanda-tanda tersebut dapat memberikan pelukisan atau
deskripsi apa yang disampaikan. Namun, komunikasi non verbal ini hanya bisa
dilakukan secara lisan. Kecuali pada sandi morse yang merupakan bahasa non
verbal, melainkan menggunakan metode tertulis. Perlu diperhatikan, bahwa kedua
bentuk komunikasi tersebut memiliki hubungan yang erat dalam dunia bisnis,
khususnya dalam komunikasi bisnis. Kedua bentuk tersebut akan saling menjalin
dan melengkapi satu sama lain. Ketika bahasa verbal tidak bisa disampaikan,
maka bahasa non verbal yang berperan, dan juga sebaliknya.
Jenis Komunikasi Bisnis
Di dalam ilmu komunikasi,
komunikasi bisnis dibedakan menjadi beberapa bentuk berdasarkan penyampaian,
perilaku, ruang lingkup, aliran komunikasi, peran individu, dan jumlah peran.
Berikut ini penjelasannya.
A. Komunikasi Bisnis Menurut
Penyampaiannya
Komunikasi sangatlah penting dalam
kehidupan sehari-hari, walaupun tidak semua terampil dalam berkomunikasi.
Berdasarkan penyampaiannya, komunikasi dibedakan menjadi 2 yaitu:
Komunikasi Lisan
Komunikasi Tertulis
B. Komunikasi Bisnis Menurut
Perilaku
Berdasarkan perilaku, komunikasi
ini terjadi secara otomatis, sehingga dapat dikatakan bahwa jenis komunikasi
ini juga dipengaruhi oleh adanya situasi dan kondisi dari individu baik
komunikator maupun komunikan. Selain itu, komunikasi bisnis menurut perilaku
ini juga dipengaruhi oleh situasi lingkungan dan atmosfer sekitar. Komunikasi
bisnis menurut perilaku dibedakan menjadi beberapa jenis yang di antaranya:
Komunikasi Formal
Komunikasi Informal
C. Komunikasi Bisnis Menurut Ruang
Lingkup
Berdasarkan ruang lingkup,
komunikasi bisnis ini dibedakan menjadi beberapa jenis di antaranya:
Komunikasi Internal
Komunikasi Eksternal
D. Komunikasi Bisnis Menurut Aliran
Informasi
Informasi atau pesan merupakan
unsur penting dalam proses komunikasi bisnis. Informasi atau pesan dalam
komunikasi bisnis inilah yang menentukan macam-macam komunikasi. Dalam
komunikasi bisnis menurut aliran informasi ini dibedakan menjadi beberapa jenis
di antaranya:
Komunikasi Satu Arah
Komunikasi Dua Arah
Komunikasi Ke Atas
Komunikasi Ke Bawah
Komunikasi Ke Samping
Tidak ada komentar:
Posting Komentar